Pages

Rabu, 29 Februari 2012

Cara Yang Benar Mengobati Luka Sendiri

Cara Yang Benar Mengobati Luka Sendiri. Mungkin sebagian dari anda tidak benar benar mengetahui cara yang benar untuk mengobati luka anda sendiri. Di sini saya akan mengungkapkan kepada anda, Cara cara yang benar dan juga yang salah seputar masalah merawat luka sendiri.

Rata rata dari kita pastinya menggunakan plester atau perban untuk menangani pertolongan pertama pada luka. Ya cara ini memang benar namun anda harus memperhatikan beberapa fakta dibawah ini tentang cara merawat luka yang benar.

Cara Yang Benar Mengobati Luka Sendiri


Bersihkan luka dengan alkohol
Tahukah anda sebagian orang melakukannya, namun ini adalah cara meCara Yang Benar Mengobati Luka Sendirirawat luka yang salah. Mengapa demikian? Karena alkohol cenderung memiliki sifat panas dan perih pada luka. Dan Alkhohol malah akan menghambat proses penyembuhan pada luka. Memang benar alkhohol dingin jika diteteskan pada kulit yang tanpa luka. Jangan gunakan alkohol dalam membersihkan luka.

Lalu bagaimana cara membersihkan luka yang benar? Caranya adalah gunakan air bersih yang mengalir, ini akan membantu mengeluarkan debu dan juga kotoran yang masih menempel pada luka. memang sedikit perih namun cara ini tergolong aman. Yakinkan anda membilas luka sampai benar benar bersih. Sedangkan jika luka yang besar dan terus mengucurkan darah, Hal ini harus langsung ditangani oleh dokter untuk menghindari resiko perdarahan.

Menjaga luka agar tetap lembab
Cara ini adalah cara yang benar, karena dengan keadaan luka dalam posisi lembab akan mempercepat proses penyembuhan pada luka itu sendiri. Dan juga memjaga agar perban tetap menempel sehingga dapat melindungi luka dari goresan dan juga debu. Meski dalam keadaan lembab, pastikan luka tetap dalam keadaan streril sehingga tidak menimbulkan infeksi.


Membiarkan luka dalam keadaan terbuka.
Cara ini adalah cara merawat luka yang salah, dengan maksud agar luka cepat kering biasanya orang membiarkannya dalam keadaan terbuka. Ini malah mengundang resiko luka terkena goresan / gesekan dengan benda lain dan juga debu kotoran dan bakteri dapat menempel pada luka.

Untuk mengurangi risiko infeksi bakteri, rajin mengganti perban luka paling tidak 3 hari sekali. Bresihkan luka dengan NaCL 0,9% atau sodium chloride 0,9% atau Natrium Chloride atau yang biasa di kenal dengan cairan Infuss (sumber Cara melepas perban luka yang menempel).

Buka perban luka dengan perlahan
Cara ini adalah cara yang tepat karena jika melakukan pelepasan paksa, hal ini akan menyebabkan terbukanya kembali luka tersebut. Jadi bukalah perban dengan perlahan dengan meneteskan dengan cairan infuss, atau bisa juga dengan merendamnya terlebih dahulu. Cairan ini tidak menimbulkan efek perih, namun efek perih hanya dirasakan saat melepas kain perban yang menempel erat pada luka. Jadi lakukanlah secara hati hati dan terus tetesi jika terasa masih sulit dicabut. Tarik dengan perlahan dan lembut jangan memaksanya. Oke demikian Cara Yang Benar Mengobati Luka Sendiri. Semoga bermanfaat bagi anda. Semoga lekas sembuh.

15 komentar:

Unknown mengatakan...

Info yang sangat berguna...terima kasih mas..=)

Unknown mengatakan...

nice article, main ke blog ane buat tutorial android, laptop & review film http://leonardfresly.blogspot.com/

amad mulyadi mengatakan...

Ooohhh iya bener bngt itu saya juga barusan dr rumah sakit kerna kaki saya terinfeksi luka akibat jatoh....di kasih NACL.ama salep GENTALEX krim...n obat lainya...alhamdulillah gratis gak bayar sepeser pun..up gak pake bpjs yahhh....abis di bayar katanya kalo karyawan gratis mas...hehehhehe

tata nita mengatakan...

Kak saya mau tanya ni? Luka yg bernanah itu sulit ya sembuh nya, soalnya ortu teman sayaa luka nya gk sembuh" jadi setiap hari harus beli sodium cloridch sama alkohol, udah jalan 8 bulan tetap aja sakit dan terus menerus membeli itu buat luka nya? Dgn efek samping suara nya emang serak bngt?

Anonim mengatakan...

Sebelumnya apa sudah priksa di dokter? Dan luka.nya ada pada daerah mana ya?

Unknown mengatakan...

Ya...betul luka dicuci ama NaCL 0,9℅ baik sekali...saya juga pernah melakukannya...lukanya jadi bersih dan kering sehingga akhirnya Alhamdulillah cepat sembuh.

Unknown mengatakan...

saya abis cabut kuku udh 2 minggu ada yg blm kering. di kase NaCL gpp ni??

Unknown mengatakan...

Mau tanya dong natrium klorida sama sodium.klorida itu sama ya

vely mengatakan...

dok saya mau tanya , anak saya ada luka bernanah bekas gigitan nyamuk sekarang malah semakin besar tapi saya sudah kedokter kulit katanya kompres pake cairan infusan , yang mau saya tanyakan , samapai kapan saya harus mengompres luka nya karna setiap kompres trus dikasih salep luka nya agak kering tapi pas saya kompres lagi beberapa jam kemudian luka nya berdarah lagi dan kulitnya agak mengelupas lagi , sebaiknya harus terus di kompres atau dioles salep saja karna pas sudah dioles salep lukanya jadi kering

Unknown mengatakan...

Dok sy mau tanya,kalau NaCL 09 ke minum ,apa efeknya?

Unknown mengatakan...

Dok sy mau tanya,kalau NaCL 09 ke minum ,apa efeknya?

Unknown mengatakan...

Dok sy mau tanya,kalau NaCL 09 ke minum ,apa efeknya?

Unknown mengatakan...

Dok mau tanya apa cairan nacl di jual di apotek??

PMR 009 SMAN 1 Medan mengatakan...

Iya sama

Unknown mengatakan...

Terima kasih atas infonya. Kebetulan kaki saya lagi luka tp gk kering2 dah hampir seminggu, akan saya coba secara rutin..

Posting Komentar