Pages

Selasa, 14 Februari 2012

Membuat Kamera Lubang Jarum

Kali ini berita terbaru akan share tentang Membuat Kamera Lubang Jarum. Apa itu kamera lubang jarum? Temukan jawabannya disini. Apa sih pinhole Kamera atau yang biasa disebut kamera lubang jarum itu? Pinhole kamera sendiri adalah suatu alat penampakan sebuah benda secara optik didalam ruang kotak yang tertutup. Di sebuah sisinya ada sebuah lubang yang dimana lubang itu akan dapat menghasilkan sebuah gambar yang ada diluar kotak secara terbalik "rectilinear propagation of light".

Kamera lubang jarum adalah kamera yang pertama kali ada di dunia, meskipun tanpa lensa kamera lubang jarum ini dapat bekerja dengan baik. Tahukah anda Kamera lubang jarum tanpa lensa ini sudah ditemukan dan dipakai dalam dunia foto potret memotret sejak jaman dulu. Tepatnya pada abad keempat, tokoh peneliti dan penemu asal Yunani seperti Aristoteles dan juga Euclid telah mendeskripsikan teknik kamera lubang jarum ini. Dan menginjak pada abad kelima, Mo Jing seorang filosof asal china juga telah memakai teknik ini. Meskipun teknik sederhana namun mampu menghasilkan hasil kerja yang baik pada masa itu. Dan kamera lubang jarum juga masih dipakai hingga saat ini.

Ilustrasi Gambar

Membuat Kamera Lubang Jarum

Bagaimana cara Membuat Kamera Lubang Jarum

Bahan bahan yang disiapkan cukup simple, ok siapkan bahan bahan dibawah ini :
  • Sebuah kotak korek api
  • Kaleng bekas, bisa kaleng coca-cola atau yang lainnya
  • Isolasi / perekat kabel
  • Satu buah roll film baru
  • Satu buah roll film bekas/kosong
  • Spiral yang buat jilid buku
Membuat Kamera Lubang Jarum

Bikin frame di kotak bagian dalam koreak api, untuk ukuran lebar lubang framenya adalah 2,4 cm.

Membuat Kamera Lubang Jarumlalu di warnai hitam
Membuat Kamera Lubang Jarum
Bikin juga lubang kotak / segi empat dibagian bungkus kotak luar korek api.Membuat Kamera Lubang Jarum
Kemudian ambil kaleng bekas coca cola dan gunting, besarnya guntingan sebesar kotak yang tadi kita buat dibagian dalam korek api. Lalu beri lubang tepat di tengahnya sesar lubang jarum. Kecil saja jangan besar besar.
Membuat Kamera Lubang Jarum
Lubang jarum tampak seperti gambar dibawah ini. Agar gambar yg dihasilkan bisa fokus nantinya, amplas potongan kaleng ini sampai setipis mungkin, dan lubang jarum nya juga tidak boleh besar. Kecil saja yang penting berlubang.Membuat Kamera Lubang Jarum
Tempel kan potongan kaleng dengan kotak korek api dan juga masukan kotak bungkus bagian dalam ke tempat korek api bagian luar, lalu isolasi kaleng dengan kotak bagian luar. Lihat gambar
Membuat Kamera Lubang Jarum

Lalu bikin shutternya, selipkan dan menutupi kotak lubang jarum pada kotak korek api


Gunakan spiral untuk membuat penanda bunyi klik


Coba ukur terlebih dahulu, hitungan 2,4cm itu sama dengan berapa lubang / ada berapa lubang di film nya. Misalnya 7 lubang, pada saat memutar filmnya nanti tinggal dengarkan bunyi klik sampai 7 kali.

Masukan filmnya ke kamera lubang jarum yang sudah dibuat sebelumnya

Ujung film yang satunya masukan pada film yang kosong, lalu rekatkan dengan isolasi.


Tampilannya akan seperti ini

Lalu masukin dan solasi pada bagian ujung ujungnya, Usahakan rapat, ini agar tidak ada cahaya yang masuk ke kamera lubang jarum.


Langkah selanjutnya buat winder, menggunakan buka'an kaleng bekas


Maka tampilannya akan seperti ini


Lalu bagaimana cara kerja untuk menggunakan kamera lubang jarum ini?
Tugas anda adalah buka shutternya lalu diamkan beberapa waktu, usahakan tidak ada goyangan.
Untuk berapa lama waktunya tergantung kondisi. Untuk situasi kondisi cahaya terang / outdoor kurang lebih buka Shutternya selama 3-5 detik. Lalu tutup. Untuk cahaya sedang outdoor kurang lebih 10-15 detik. Untuk cahaya malam luamayn lama kurang lebih 10-30 menit terkadang butuh waktu satu jam. Selain faktor cahaya banyak faktor juga yang mempengaruhi pengambilan gambar pada film. Semua tergantung pada besar ukuran lubangnya, jarak lubang ke film, dan masih banyak lagi faktornya. jadi biasakan untuk mencoba kamera lubang jarum buatan anda sendiri.

Kalau ingin mengambil gambar objek lagi, butar dulu roll nya (kondisi shuter tertutup) kalau ingin memotret buka shuternya. Begitu seterusnya. Selamat mencoba


JANGAN MEMBUAT LUBANG TERLALU BESAR

ini jika lubang yang dibuat TIDAK TERLALU BESAR, gambar yang didapat akan lebih FOKUS



ini jika lubang yang dibuat TERLALU BESAR, gambar yang didapat akan lebih TIDAK FOKUS



Contoh Hasil Jepretan:


Ada juga nih video dengan cara versi lain tetapi masih satu pengertian.

Video Tutorial Cara Membuat Kamera lubang jarum



Referensi Artikel Membuat Kamera Lubang Jarum dari beberapa sumber. Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

16 komentar:

Imam Ahmed mengatakan...

wawww, keren kang....pengen nyoba buat ne, tapi masih ga ngerti caranya . . :(

nurdin mengatakan...

ada yang lebih sederhana/ lebih mudah lagi, nggak kang... !!

misz chocolate mengatakan...

boleh saya ambil foto-foto nya ?

esphiway mengatakan...

Keren, tapi ane bingung:
1. Foto itu beneran keambil tanpa listrik ato batre?
2. Kok bisa langsung keambil gambarnya, energynya apa?
3. Ane pusing banget caranya....

Klo bisa minta tutorial yg lebih mudah

pemburu duit mengatakan...

ya...ya....bisa dicoba

sebuahcatatanbaru mengatakan...

ihh ini keren... tp masih bingung itu winder nya di taro di rol film bekas kan? trus ngegulungnya gmn? kan di isolasi?

karimunjawa mengatakan...

gimana cetaknya???

Rahma Haniyyah Fatharani mengatakan...

shutternya terbuat dari karton biasa?

SIZA "Sina IZzatul himmAh" mengatakan...

amazing
hebat,,,,

Aliph Umangi Jawantha mengatakan...

lah, sek sek, yang bingung ini
tutup kaleng buat apaan?
terus rool film yang ada ntar muter sendiri ke rool yang kosong atau bagaimana??

Aliph Umangi Jawantha mengatakan...

satu lagi
disolasi itu funsinya buat apaan yang filmnya

tks

yoga satria setiawan mengatakan...

kalo gasalahkan film buat fotonya itu sensitif sama cahaya.. mangkanya fotonya ke ambil tanpa enrgi listrik/btre

mais-sby mengatakan...

bagus... tapi, Masalah bunyi kliknya gimana tu tadi... ndak pahm.

SARING MISDARYANTO mengatakan...

Kreatif....Teruslah berkarya...Biar sederhana tapi Bermakna...Buktinya banyak yang masih Bingung....

maula barry mengatakan...

koq gx bisa min, aye bukan pkek film tapi langsung kertas foto... kta'a bisa
apa mesti di cuci pkek :
a) Developer
b) Stopbath
c) Fixer

apa mesti di cuci pakek ini dulu min

Intan PS mengatakan...

Mantap.... bos. Saya sudah faham, sefaham-fahamnya. Insya allah akan saya coba. Untuk Prakarya anak murid saya. Makasih.......!

Poskan Komentar